Inspektorat serahkan LHP APBDes Tahun 2019

 Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong (RL), Jumat (28/02/2020) telah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di 53 Desa di RL. Dari hasil pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBDes 2019 itu, masih banyak dalam LPj desa yang Pertanggungjawabannya yang tidak lengkap dan tidak sah.

Kepala Inspektorat Rejang Lebong, pemeriksaan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) tahun 2019 lalu, sudah selesai dilaksanakan pihaknya pada 53 desa. Dan hasilnya, masih banyak LPj yang tidak lengkap dan tidak sah.

“Pertanggungjawaban yang tidak lengkap ini kita minta untuk segera dilengkapi, begitu juga dengan pertanggungjawaban yang tidak sah seperti isi kwitansi, tidak ada tandatangan penerima, tidak ada tandatangan kades dan lainnya. Semua itu kita minta dilengkapi dan diperbaiki dengan waktu 60 hari sejak hari ini,

Apabila dalam waktu 60 hari yang diberikan pihak desa masih belum melengkapi dan memperbaiki yang salah. Maka pihak desa diminta mengembalikan dan ke kas desa.

“Kita rekomendasikan untuk dikembalikan ke kas desa, agar dana yang dikembalikan itu bisa dipergunakan dalam APBDes tahun berikutnya.

Meski masih banyak yang menjadi catatan dalam pemeriksaan inspektorat terkait kurang lengkapnya LPj. Namun, terdapat 4 desa yang sudah terkategori baik dan menerima apresiasi dari Inspektorat RL.

“Empat desa kami berikan penghargaan, karena pelaporannya sudah cukup baik meski masih ada beberapa catatan. Yaitu, Desa Sumber Urip, Desa Air Bening, Desa Apur, Desa Sindang Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *